bambanglipurobantulharga produkkacang tanahkarakteristik pasarkonsumen pasarpemasaran hasil pertanianpersaingan sempurnaPWMPrantai pemasaransaluran pemasaransegmentasi pasarstpp yogyakarta
Identifikasi Karakteristik Pasar dan Studi Kasus Kacang Tanah di Kecamatan Bambanglipuro
Menurut Yunanto dengan dokumen yang dapat diunduh di sini, struktur atau karakteristik Pasar memiliki pengertian penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri. Analisa ekonomi membedakan struktur pasar menjadi 4 jenis yaitu : Pasar Persaingan Sempurna, Pasar Monopoli, Persaingan Monopolistis, dan Pasar Oligopoli.
Dalam mata kuliah
Pemasaran Hasil Pertanian, mahasiswa diberi tugas untuk mengidentifikasi karakteristik
pasar dan memilih salah satu komoditas pertanian di daerah asal masing-masing. Berhubung
saya adalah anak Bantul aseli, ya saya memilih untuk komoditas kacang tanah
yang emang sebagian besar petani membudidayakannya pada MT II , terutama di
Kecamatan Bambanglipuro.
Karakteristik pasar
kacang tanah di Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul termasuk dalam pasar persaingan
sempurna. Pasar persaingan sempurna yaitu pasar dimana dalam suatu industri
terdapat sangat banyak penjual maupun pembeli dan produk yang diperdagangkan bersifat
homogen sempurna.
BACA JUGA:
a. IDENTIFIKASI LEMBAGA PEMASARAN
b. IDENTIFIKASI SALURAN DAN RANTAI PEMASARAN
c. IDENTIFIKASI FUNGSI PEMASARAN
BACA JUGA:
a. IDENTIFIKASI LEMBAGA PEMASARAN
b. IDENTIFIKASI SALURAN DAN RANTAI PEMASARAN
c. IDENTIFIKASI FUNGSI PEMASARAN
Beberapa ciri pasar
persaingan sempurna berkaitan dengan komoditas kacang tanah di Kecamatan
Bambanglipuro adalah sebagai berikut:
a.
Perusahaan / lembaga pemasaran hanya bertindak sebagai pengambil harga (price taker)
Price taker atau
Pengambil harga artinya suatu perusahaan yang ada di dalam pasar tidak dapat
menentukan atau mengubah harga pasar. Apa pun tindakan perusahaan di dalam
pasar tidak akan menimbulkan perubahan ke atas harga pasar yang berlaku. Harga
pasar dalam pasar kacang tanah, petani yang merupakan produsen hingga sampai ke
tangan konsumen, setiap lembaga pemasaran menentukan harga dengan melihat harga
yang sekarang berlaku atau sebagai price
taker. Fluktuasi harga pasar kacang tanah ditentukan oleh interaksi antara
keseluruhan pembeli dan keseluruhan penjual dan berhubungan dengan tingkat
permintaan dan penawaran.
b.
Perusahaan / lembaga pemasaran mudah keluar masuk industri
Sekiranya perusahaan
rugi,dan ingin meninggalkan industri tersebut,maka langkah ini dengan mudah
dilakukan. Sebaliknya apabila ada perusahaan yang ingin melakukan kegiatan di
industri itu, produsen dengan mudah melakukan kegiatan yang diinginkannya.
Dikaitkan dengan lembaga
pemasaran di kacang tanah, jika ada salah satu lembaga pemasaran yang
meninggalkan kegiatannya maupun masuk ke pasar kacang tanah mudah dilakukan,
karena komoditas ini dijual oleh penjual yang sangat banyak dan dibeli oleh
pembeli yang sangat banyak pula, sehingga jika salah satu penjual sudah tidak
menjual kacang tanah, maka pembeli dengan mudah membeli kacang tanah ke penjual
yang lain karena bentuk barang/ produk sama, yaitu kacang tanah basah, kacang
tanah kering, maupun kacang tanah bijian.
Untuk di Bambanglipuro
sendiri tidak jauh beda, yaitu pada saat tengkulak yang biasa membeli kacang
tanah petani tidak juga datang membeli kacang tanah hasil panen, maka petani
bisa mencari tengkulak lainnya atau pun bisa mendatangi grain miller karena harga sama.
c.
Produk yang dihasilkan bersifat homogen
Maksudnya adalah tidak
terdapat perbedaan yang nyata diantara barang-barang yang dihasilkan suatu
perusahaan dengan perusahaan lainnya. Produk merupakan kacang tanah dan yang
beredar di pasaran adalah kacang tanah berupa kacang tanah basar, kacang tanah
kering, maupun kacang dalam bentuk biji. Lembaga pemasaran tidak memikirkan
dari penjual mana barang produk dibeli, yang paling utama adalah komsumen telah
memproleh produk, karena produk yang dijual juga sama.
d.
Terdapat banyak perusahaan di pasar
Produsen penghasil
kacang tanah sangat banyak dan tengkulak pengumpul kacang tanah juga banyak.
Komsumen dalam memperoleh kacang tanah semakin mudah, tidak memikirkan produsen
mana yang menghasilkan, karena produk sama. Harga ditetapkan berdasarkan
interaksi kekuatan penawaran (supply) dan permintaan (demand) pasar.
e.
Pelaku memiliki pengetahuan yiang sempurna mengenai pasar
Para pelaku ekonomi
(konsumen dan produsen) memiliki pengetahuan sempurna tentang harga produk dan
input yang dijual. Dengan demikian, konsumen tidak akan mengalami perlakuan
harga jual yang berbeda untuk mendapatkan kacang tanah dari satu petani ke
petani lainnya. Dari siapa pun kacang tanah dibeli, harga yang berlaku tetap
sama.
FILE IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK PASAR KOMODITAS KACANG TANAH, BISA DIUNDUHDISINI
FILE IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK PASAR KOMODITAS KACANG TANAH, BISA DIUNDUHDISINI
0 komentar