Identifikasi Karakteristik Pasar dan Studi Kasus Kacang Tanah di Kecamatan Bambanglipuro

by - Rabu, Februari 01, 2017


Menurut Yunanto dengan dokumen yang dapat diunduh di sini, struktur atau karakteristik Pasar memiliki pengertian penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri. Analisa ekonomi membedakan struktur pasar menjadi 4 jenis yaitu : Pasar Persaingan Sempurna, Pasar Monopoli, Persaingan Monopolistis, dan Pasar Oligopoli.
Dalam mata kuliah Pemasaran Hasil Pertanian, mahasiswa diberi tugas untuk mengidentifikasi karakteristik pasar dan memilih salah satu komoditas pertanian di daerah asal masing-masing. Berhubung saya adalah anak Bantul aseli, ya saya memilih untuk komoditas kacang tanah yang emang sebagian besar petani membudidayakannya pada MT II , terutama di Kecamatan Bambanglipuro.
Karakteristik pasar kacang tanah di Kecamatan Bambanglipuro, Kabupaten Bantul termasuk dalam pasar persaingan sempurna. Pasar persaingan sempurna yaitu pasar dimana dalam suatu industri terdapat sangat banyak penjual maupun pembeli dan produk yang diperdagangkan bersifat homogen sempurna.

BACA JUGA:
a. IDENTIFIKASI LEMBAGA PEMASARAN
b. IDENTIFIKASI SALURAN DAN RANTAI PEMASARAN
c. IDENTIFIKASI FUNGSI PEMASARAN

Beberapa ciri pasar persaingan sempurna berkaitan dengan komoditas kacang tanah di Kecamatan Bambanglipuro adalah sebagai berikut:
a.      Perusahaan / lembaga pemasaran hanya bertindak sebagai pengambil harga (price taker)
Price taker atau Pengambil harga artinya suatu perusahaan yang ada di dalam pasar tidak dapat menentukan atau mengubah harga pasar. Apa pun tindakan perusahaan di dalam pasar tidak akan menimbulkan perubahan ke atas harga pasar yang berlaku. Harga pasar dalam pasar kacang tanah, petani yang merupakan produsen hingga sampai ke tangan konsumen, setiap lembaga pemasaran menentukan harga dengan melihat harga yang sekarang berlaku atau sebagai price taker. Fluktuasi harga pasar kacang tanah ditentukan oleh interaksi antara keseluruhan pembeli dan keseluruhan penjual dan berhubungan dengan tingkat permintaan dan penawaran.
b.      Perusahaan / lembaga pemasaran mudah keluar masuk industri
Sekiranya perusahaan rugi,dan ingin meninggalkan industri tersebut,maka langkah ini dengan mudah dilakukan. Sebaliknya apabila ada perusahaan yang ingin melakukan kegiatan di industri itu, produsen dengan mudah melakukan kegiatan yang diinginkannya.
Dikaitkan dengan lembaga pemasaran di kacang tanah, jika ada salah satu lembaga pemasaran yang meninggalkan kegiatannya maupun masuk ke pasar kacang tanah mudah dilakukan, karena komoditas ini dijual oleh penjual yang sangat banyak dan dibeli oleh pembeli yang sangat banyak pula, sehingga jika salah satu penjual sudah tidak menjual kacang tanah, maka pembeli dengan mudah membeli kacang tanah ke penjual yang lain karena bentuk barang/ produk sama, yaitu kacang tanah basah, kacang tanah kering, maupun kacang tanah bijian.
Untuk di Bambanglipuro sendiri tidak jauh beda, yaitu pada saat tengkulak yang biasa membeli kacang tanah petani tidak juga datang membeli kacang tanah hasil panen, maka petani bisa mencari tengkulak lainnya atau pun bisa mendatangi grain miller karena harga sama.
c.      Produk yang dihasilkan bersifat homogen
Maksudnya adalah tidak terdapat perbedaan yang nyata diantara barang-barang yang dihasilkan suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Produk merupakan kacang tanah dan yang beredar di pasaran adalah kacang tanah berupa kacang tanah basar, kacang tanah kering, maupun kacang dalam bentuk biji. Lembaga pemasaran tidak memikirkan dari penjual mana barang produk dibeli, yang paling utama adalah komsumen telah memproleh produk, karena produk yang dijual juga sama.
d.      Terdapat banyak perusahaan di pasar
Produsen penghasil kacang tanah sangat banyak dan tengkulak pengumpul kacang tanah juga banyak. Komsumen dalam memperoleh kacang tanah semakin mudah, tidak memikirkan produsen mana yang menghasilkan, karena produk sama. Harga ditetapkan berdasarkan interaksi kekuatan penawaran (supply) dan permintaan (demand) pasar.
e.      Pelaku memiliki pengetahuan yiang sempurna mengenai pasar

Para pelaku ekonomi (konsumen dan produsen) memiliki pengetahuan sempurna tentang harga produk dan input yang dijual. Dengan demikian, konsumen tidak akan mengalami perlakuan harga jual yang berbeda untuk mendapatkan kacang tanah dari satu petani ke petani lainnya. Dari siapa pun kacang tanah dibeli, harga yang berlaku tetap sama. 

FILE IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK PASAR KOMODITAS KACANG TANAH, BISA DIUNDUHDISINI

You May Also Like

0 komentar