Aspek Pasar dan Pemasaran, dan Analisis SWOT dalam PROPOSAL USAHA BISNIS EMPING GARUT
Emping Garut 'GAROOT' |
Dalam menjalankan sebuah usaha,
diperlukan sebuah perencanaan yang matang dan dituangkan dalam bentuk proposal
usaha yang berisi analisa usaha yang akan dijalankan. Beberapa aspek yang patut
ada dalam proposal usaha antara lain adalah aspek pasar dan pemasaran, aspek
analisa SWOT, aspek teknis dan teknologi, aspek manajemen operasional, dan
aspek keuangan.
Langsung saja saya akan bahas tentang
studi kasus dalam pembuatan proposal, yaitu proposal untuk usaha pemasaran
hasil pertanian, yaitu usaha emping garut. Teman-teman sekalian bisa unduh
dokumen nya di akhir artikel ini ya.
Garut dapat diolah menjadi berbagai
cemilan, salah satunya adalah emping garut. Tren masyarakat yang menghendaki
makanan yang sehat dan murah serta praktis untuk dinikmati membuat emping garut menjadi salah satu
alternatif cemilan yang layak untuk dijual.
Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan
salah satu penghasil garut. Salah satu kabupaten di DIY yang pemerintahnya
mendukung produk pangan lokal adalah Kulon Progo. Masyarakat disana telah
menanam umbi-umbian termasuk garut sebagai produk pangan lokal sehingga bahan
baku mudah didapat. Oleh karena emping garut merupakan makanan cemilan sehat
dengan rasa yang gurih dan bahan bakunya banyak ditemukan di wilayah DIY, maka
penulis ingin mengembangkan usaha pemasaran emping garut.
ARTIKEL SELANJUTNYA:
Produk yang ingin dipasarkan adalah emping garut. Emping garut merupakan
sejenis makanan pelengkap yang enak dan gurih. Sebagai makanan pelengkap,
fungsi emping garut sama dengan kerupuk, bisa digunakan sebagai cemilan. Emping
garut berbentuk bulat pipih seperti emping melinjo dan saat dikunyak akan
terasa jelas serat umbinya. Untuk masalah rasa, emping garut tak kalah lezatnya
dengan emping yang lain karena memiliki citarasa tersendiri. Untuk mendapatkan
emping garut cukup sulit, biasanya di swalayan besar dan sentra pembuatan
emping garut. Oleh karena itu, dengan pemasaran emping garut, jangkauan
pemasaran lebih luas dan konsumen lebih mudah menemukan emping garut.
ANALISA SWOT
Persaingan bisnis emping garut memang
ada, apalagi masyarakat telah mengenal berbagai keripik untuk cemilan, seperti
keripik singkong, emping singkong, emping melinjo, dan cemilan lainnya. Dengan
market atau pasar yang besar, hal tersebut tidak menjadi kendala berarti
asalkan ada “nilai tambah” yang ada pada produk emping garut “Garoot”. Analisis SWOT untuk kegiatan
usaha pembuatan emping kacang:
a. KEKUATAN
1)
Bahan
baku mudah didapat dan berkualitas
Untuk proses
produksi emping garut membutuhkan bahan utama berupa emping garut mentah yang diproduksi
oleh masyarakat di Bantul dan Kulon Progo, sehingga bahan baku mudah didapat.
2)
Rasa
yang renyah dan dengan variasi rasa
3)
kemasan
yang menarik
4)
Penyaluran
distribusi mudah dan jangkauannya luas
Emping garut
bisa dijual di warung hingga swalayan atau diantar ke kota lain jika mendapat
pesanan karena pada dasarnya emping garut adalah makanan yang cukup tahan lama.
Apalagi dengan bantuan toko online,
menyebabkan pemasaran lebih luas.
b. KELEMAHAN
1)
Faktor
mudahnya terjadi kerusakan barang
2)
Faktor
pelayanan yang kurang baik / memuaskan kepada pelanggan
3)
Faktor
kesulitan modal
Contohnya
adalah tanggal kadaluarsa emping dipengaruhi oleh kadar minyaknya. Terdapat
alat berupa spinner untuk meniriskan
minyak, tetapi harga barang cukup mahal.
c. PELUANG
1)
Emping
secara umum disukai banyak kalangan dan marketnya luas
Emping adalah
makanan rakyat, salah satunya adalah emping garut. Emping garut adalah makanan
ringan untuk semua umur tuamuda, priawanita, itulah yang dimaksud
segmentasinya yang sangat luas.
2)
Kebiasaan
para konsumen yang mencari camilan yang bergizi, murah dan bercita rasa yang
lezat
3)
Untuk
penderita asam urat atau konsumen berusia lanjut, empuing garut bisa digunakan
untuk mengganti emping melinjo.
4)
Emping
dapat dinikmati sebagai camilan maupun pelengkap makan, pengganti kerupuk.
5)
Sebagian
besar usaha emping (baik emping singkong, keripik singkong, emping melinjo)
pesaing menggunakan kemasan yang asal-asalan, sehingga dengan sedikit “polesan”
dengan memberi kelebihan dalam kemasan, maka peluang untuk menarik konsumen
lebih tinggi.
d. ANCAMAN
1)
Kurangnya
pengetahuan masyarakat tentang manfaat garut sebagai pangan lokal
2)
Faktor
persaingan dagang dengan usaha cemilan lain
3)
Harga
emping garut mentah (bahan baku) yang terus meningkat
0 komentar